Cuaca Panas Pengaruhi Pelayanan PDAM Tirta Kajen, Masyarakat Diminta Hemat Penggunaan Air

 




KFM PEKALONGAN, KAJEN –  Kondisi cuaca panas yang berlangsung akhir-akhir ini mulai mempengaruhi pelayanan distribusi air bersih di wilayah Kabupaten Pekalongan. Menurunnya debit air di beberapa sumber, meskipun belum signifikan, sudah berdampak pada aliran air terutama pada jam-jam puncak pemakaian, yaitu pagi dan sore. Hal itu disampaikan Direktur Perumda Air Minum Tirta Kajen, (PDAM) Kabupaten Pekalongan, Nur Wachid, Selasa, (08/09/2024).

“Pada jam-jam puncak, sebagian pelanggan mengalami aliran air yang kecil atau bahkan tidak mengalir untuk sementara waktu. Setelah beban pemakaian berkurang, aliran air akan kembali normal,” jelas Nur Wachid. 

Baca juga: PDAM Tirta Kajen Kabupaten Pekalongan Luncurkan Promo Sambungan Baru dengan Diskon 50%

Ia berharap masyarakat dapat memahami situasi ini dan bersama-sama menyiasati kondisi tersebut dengan bijak menggunakan air.

Nur Wachid juga menghimbau kepada para pelanggan untuk berhemat dalam penggunaan air, serta menampungnya ketika aliran air sedang mengalir deras di rumah masing-masing. Langkah ini, menurutnya, akan sangat membantu mengurangi dampak penurunan debit air selama cuaca panas berlangsung. 

“Semoga frekuensi hujan segera kembali teratur dan mampu menambah pasokan air di sumber-sumber yang kami manfaatkan,” tambahnya.

Baca juga: Direktur PDAM Tirta Kajen Raih Berbagai Prestasi dalam Kurun Waktu Empat Tahun

Selain itu, terkait permintaan sambungan baru menurutnya tetap tinggi, meskipun pada Agustus 2024 lalu telah dilakukan program promo sambungan baru. Hingga saat ini, tercatat sebanyak 60 pendaftar baru yang mengajukan permohonan untuk mendapatkan layanan air PDAM.

 “Kami terus berupaya memenuhi permintaan sambungan baru di tengah situasi ini, dan kami mengapresiasi antusiasme masyarakat yang tetap ingin mendapatkan layanan air bersih dari PDAM Tirta Kajen,” tutup Nur Wachid.

Pihaknya berharap dengan dukungan semua pihak, situasi dapat terkendali dan pelayanan air bersih tetap optimal bagi seluruh pelanggan di Kabupaten Pekalongan.

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.