Direktur PDAM Tirta Kajen Raih Berbagai Prestasi dalam Kurun Waktu Empat Tahun




KFM PEKALONGAN, KAJEN - Selama menjabat sebagai Direktur Perumda Air Minum Tirta Kajen (PDAM) Kabupaten Pekalongan, Nur Wachid berhasil meraih berbagai penghargaan dan capaian signifikan dalam kinerjanya. Periode kepemimpinannya selama empat tahun sembilan bulan telah membawa perubahan positif yang nyata dalam pelayanan dan pengelolaan PDAM.

Menurut data per 30 September 2019, total pelanggan PDAM Tirta Kajen mencapai 18.546 Sambungan Langganan (SL), dengan 16.195 SL di antaranya merupakan pelanggan aktif. Hingga 30 Juni 2024, jumlah pelanggan meningkat menjadi 32.316 SL, dengan 27.795 SL pelanggan aktif. Peningkatan ini menunjukkan pertumbuhan pelanggan sebesar 174,24%, atau tambahan 13.770 SL, dan peningkatan pelanggan aktif sebesar 171,64%, atau tambahan 11.602 SL.

Baca juga: PDAM Kabupaten Pekalongan Luncurkan Aplikasi MyTika untuk Mempermudah Pelanggan

Disampaikan Nur Wachid, cakupan layanan PDAM juga mengalami perluasan. Pada tahun 2019, PDAM melayani 11 kecamatan, sementara pada tahun 2024 meningkat menjadi 13 kecamatan. Dari sisi laba usaha, terjadi kenaikan signifikan sebesar 254,98% dari tahun 2018 hingga 2023. 

"Selain itu, kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga meningkat drastis sebesar 480,28% dalam periode yang sama," jelasnya kepada sejumlah awak media saat ditemui di ruang kerjanya Senin, (29/07/2024).




Penilaian kinerja PDAM Tirta Kajen pun mendapat pengakuan dengan hasil "SEHAT" dari KemenPUPR dan BPSPAM selama lima tahun berturut-turut, dari 2019 hingga 2023, berdasarkan dasar penilaian KemenPUPR No.PW03.02 - DC/227 dan BPSPAM No 002/KPRS/K-6/LV/2010. Penilaian "BAIK" juga diberikan oleh Kemendagri No 47 Tahun 1999 dalam periode yang sama.

Dalam hal penghargaan, lanjut Nur Wachid, PDAM Tirta Kajen mencatat beberapa pencapaian penting. Tahun 2020, mendapatkan penghargaan sebagai mitra dalam program peningkatan Sambungan Rumah melalui akses perpipaan oleh Perpamsi dan Water.org. Tahun 2020, memperoleh penghargaan atas peningkatan jumlah pelanggan dan kinerja pelayanan oleh Jawa Pos Radar Semarang. Tahun 2022, meraih posisi kinerja terbaik ke-9 di antara PDAM se-Jawa Tengah oleh PD Perpamsi Jateng.

Baca juga: PDAM Kabupaten Pekalongan Tingkatkan Pengawasan Sumber Air Jelang Musim Kemarau

"Tahun 2023, mendapatkan BUMD Awards 2013 peringkat II Nasional untuk kategori PDAM Kecil oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia," imbuhnya.

Nur Wachid menyatakan, "Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi seluruh tim PDAM Tirta Kajen. Kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas layanan untuk masyarakat Kabupaten Pekalongan," kata Nur Wachid.

Dengan berbagai prestasi yang telah diraih, PDAM Tirta Kajen di bawah kepemimpinan Nur Wachid terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pekalongan.

Tidak ada komentar

Tanggapan Anda Tentang Berita Ini ?

Diberdayakan oleh Blogger.