Demi Kepuasan Pelanggan, Perumda Air Minum Tirta Kajen Tingkatkan Kemampuan SDM
KFM PEKALONGAN, KAJEN - Perumda Air Minum Tirta Kajen terus berbenah dalam memberikan
pelayanan terbaik bagi masyarakat, khususnya pelanggan. Dan salah satu upaya yang dilakukan adalah
dengan memberikan pembekalan terhadap pegawainya agar kedepan dalam memberikan pelayanan
dapat semakin profesional.
Direktur Perumda Air Minum Tirta Kajen, Nur Wachid mengatakan, pelatihan peningkatan kapasitas
SDM yang dilakukan di Hotel Horison Pekalongan, Sabtu (25/9/2021) ini merupakan fasilitasi atau
bantuan yang diberikan oleh water.org setelah Perumda Air Minum Tirta Kajen mendapat penghargaan,
terbaik nomor dua sebagai perusahaan air minum yang menyediakan sambungan air untuk masyarakat
berbasis angsuran.
"Kita mendapatkan bantuan dari water.org dalam bentuk pelatihan ini. Sasarannya yaitu untuk
meningkatkan pelayanan kita terhadap masyarakat supaya SDM mampu memberikan pelayanan yang
prima."
Lebih lanjut Nur Wachid menjelaskan, dalam pelatihan ini diutamakan adalah SDM-SDM yang
berhubungan langsung dengan pencarian pelanggan dan pemeliharaan pelanggan, sehingga peserta
terbanyak adalah dari bagian hubungan langganan, perwakilan unit, serta petugas loket yang setiap hari
bertemu dan bertatap muka dengan pelanggan.
"Hubungan langganan terdiri dari pembaca meter yang setiap hari mengambil data-data dari pelanggan,
kemudian pelayanan pelanggan yang ada di loket pengaduan, kemudian RDS, tim itu biasa melakukan
survey, mapping kompetensi, kemudian mencari pelanggan, mendata sampai menjadi pelanggan."
Menurut Nur Wachid, ujung tombak dari pelayanan dan pendapatan Perumda Air Minum Tirta Kajen
sebetulnya ada pada pembaca meter. Sebab keakuratan data yang mereka berikan akan membangun
dan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan.
"Penekanannya adalah pada hubungan langganan pembaca meter dimana bahwa ujung tombak
pendapatan perusahaan itu dari situ sehingga mereka harus profesional, cermat, akurat, supaya
masyarakat terlayani dengan baik, perusahaan tumbuh dengan baik."
Peningkatan kapasitas SDM adalah investasi sebagai sarana agar perusahaan semakin maju dan
berkembang. Karenanya kegiatan serupa kedepan akan selalu dilakukan minimal setahun sekali supaya
kemampuan SDM yang ada di Perumda Air Minum Tirta Kajen semakin baik, dan hal itu secara otomatis
pasti akan berpengaruh terhadap kemajuan Perusahaan.
Penulis : Nuke Shavila | Editor : Tiwi Maharani | Berita Pekalongan bisa didengar melalui 103.1 Radio
Kfm | Sakpore Dangdute Pas Infone
Komentar Anda